Return to site

ICSA Goes to Surabaya

· events

Jumat, 6 September 2024 - Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) mengadakan kunjungan industri ke Surabaya dengan tema “Integration of Sustainability Technology in Various Industrial Sectors” pada Rabu-Kamis (28-29/8). Pada kunjungan industri kali ini, ICSA bersama dengan 12 pesertanya mengunjungi Lab Cyber Public Relations UPN "Veteran" Jawa Timur, PT Campina Ice Cream Industry Tbk, PT Avia Avian Tbk, Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur, dan PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk.

Pada hari pertama ICSA mengunjungi Lab Cyber Public Relations UPN "Veteran" Jawa Timur, PT Campina Ice Cream Industry Tbk, PT Avia Avian Tbk, dan Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur.

Saat mengunjungi Lab Cyber Public Relations UPN "Veteran" Jawa Timur, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Jawa Timur Yuli Candrasari, memaparkan salah satu teknologi untuk melihat seberapa besar respon positif maupun negatif yang didapat dalam publikasi yang dilakukan oleh suatu organisasi. Hal ini bisa bermanfaat bagi perusahaan yang ingin melakukan kerjasama untuk memperluas pasar agar mendapat lebih banyak konsumen.

broken image

Kunjungan selanjutnya, yaitu PT Campina Ice Cream Industry Tbk. Head of Corporate Secretary PT Campina Ice Cream Industry Tbk Sagita Melati, memaparkan penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG) yang telah diimplementasikan di PT Campina Ice Cream Industry Tbk. Setelah mendapatkan materi, peserta diajak berkeliling dan berkesempatan untuk memasuki freezing room yang bersuhu -31°.

broken image

Selanjutnya ICSA mengunjungi PT Avia Avian Tbk yang berada di Sidoarjo. Quality Assurance & Sustainability Manager Eko Hajar Prakoeswo, memaparkan penerapan ESG yang telah diimplementasikan dalam industri barang kimia. Pada kunjungan di PT Avia Avian Tbk ini, peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi Museum Cat Avian.

broken image

Untuk menutup hari pertama kunjungan di Surabaya, ICSA selanjutnya mengunjungi Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur. Kepala Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur Cita Mellisa, memaparkan tentang update pasar modal Indonesia dan pasar modal di Jawa Timur. Materi yang disampaikan membuka mata para peserta yang hadir karena sudah cukup banyak orang-orang yang melek investasi, bahkan generasi muda juga sudah banyak yang memulainya.

broken image

Di hari selanjutnya, ICSA mengunjungi PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk. Corporate Secretary PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk Wawan Heri Purnomo, memaparkan beberapa poin Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah dipraktikan oleh perusahaannya sebagai pembelajaran untuk peserta yang hadir dan kemudian bisa dipraktikan juga di perusahaannya masing-masing.

 

broken image

Kegiatan kunjungan industri ini diadakan sebagai salah satu bentuk komitmen ICSA untuk meningkatkan kompetensi anggotanya khususnya dalam topik ESG sekaligus mempelajari pengalaman yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan yang dikunjungi dalam lika-liku penerapan berkelanjutan, sehingga anggota ICSA dapat menerapkan serta mengembangkan bisnis berkelanjutan pada perusahaannya masing-masing.

Bagi yang tertinggal kegiatan kali ini, jangan khawatir karena ICSA akan mengadakan kegiatan lainnya yang tidak kalah menarik dan bermanfaat.

 

 

broken image